Wisats

Wisata Seru Bersama Transjakarta Ke Kota Tua

Di atas Bus Transjakarta (foto : Sitti Rabiah)
Di atas Bus Transjakarta (foto : Sitti Rabiah)
Ditulis oleh Bu Guru Siti

Pagi setelah sholat Subuh, saya sudah berangkat menuju Sarinah jalan Thamrin. Ini untuk memenuhi undangan Komunitas Tau Dari Blogger (TDB), Sabtu 13 Agustus 2016 yang lalu.

Pukul 07.00 Wib, saya telah sampai di Starbucks Coffee Sarinah, Jakarta Pusat untuk sarapan dengan roti dan segelas teh. Di tempat inilah kami semua berkumpul untuk selanjutnya naik busway Transjakarta menuju Kota Tua, Beos, Jakarta Barat.

Ternyata sebelum berangkat, kami pun dibagikan terlebih dahulu topi warna putih yang bertuliskan nama masing-masing di sebelah kanan. Begitu pun baju Transjakarta berwarna merah maron.

Berwisata dengan Transjakarta ini, merupakan kedua kalinya saya ikuti atas undangan komunitas TDB. Yang pertama saat bulan puasa Juli 2016 lalu.

Bedanya kami berkumpul di halte Monas jalan Medan Merdeka Barat, depan Museum Nasional. Selanjutnya dari halte Monas menggunakan Bus Transjakarta menuju Pekan Raya Jakarta (PRJ) di Kemayoran. Di sana kami sekaligus berbuka puasa bersama.

Baca juga : Sopir Bus Transjakarta Itu Ternyata Perempuan

Hadiah souvenir bagi blogger yang beruntung (foto : Sitti Rabiah)

Souvenir dari Palang Merah Indonesia untuk blogger yang diserahkan di acara Transjakarta (foto : Nur Terbit)

WISATA ASIK TIJE

Hari itu TDB bersinerji dengan Transjakarta mengadakan acara yang bertemakan “Wisata Asik Tije”. Wisata dengan memakai busway keliling kota Jakarta ini juga sekaligus dirangkaikan dengan HUT RI yang ke-71.

Selain itu karena acara ini bersinerji dengan komunitas blogger jadi acaranya memakai hastag #WisataAsikTije. Wah….heboh deh…

Wisata Asik Tije ini, juga dihadiri oleh Dirut Transjakarta yaitu Bapak Budi Kaliwono. Beliau didampingi oleh Kepala Humasnya yaitu Bapak Prasetya Budi yang akrab dipanggil dengan Pak Prabu, bersama dengan stafnya yang lain.

Pukul 8.30 Wib, kami para komunitas TDB yang dipimpin oleh Muhammad Sobari, meninggalkan Sarinah menuju Kota Tua. Kami menumpangi Busway warna merah bergambar gurita. Wah…senang sekali berkeliling Jakarta.

Di atas busway dalam perjalanan menuju Kota Tua, sepanjang jalan dijelaskan nama-nama tempat yang dilalui hingga sejarah tempat tersebut. Ternyata di atas busway ada guide-nya loh ….

Suasana di Kota Tua

Suasana di Kota Tua  (foto : Sitti Rabiah)

Setelah berkeliling Jakarta, sampailah kami di tempat tujuan yaitu Kota Tua atau Kotu. Seperti biasanya, para blogger itu tidak bisa melewatkan momen-momen yang indah. Mereka langsung mengabadikan setiap obyek yang dianggap menarik.

LOMBA SERU-SERUAN HUT RI KE-71

Karena acara ini dirangkaikan dengan HUT RI yang ke 71, maka kami di Kotu pun mengadakan lomba. Lombanya sesama blogger seperti naik sepeda lambat tapi berpasangan, lomba kata bersambut yang terdiri 6 orang serta pagelaran lari membawa bendera sambil berteriak.

Semua kegiatan ini didokumentasikan menggunakan drone, yakni semacam pesawat kecil berbentuk helikopter mini yang terbang ke sana ke mari dilengkapi kamera. Eh…pokoknya heboh deh….

Lagi semangatnya lomba, eh…kami disodorin daftar menu untuk makan siang. Alhamdulillah….tambah semangat deh jadinya.

Dirut Transjakarta Budi Kaliwono (foto : Nur Terbit)

Dirut Transjakarta Budi Kaliwono (foto : Nur Terbit)

MAKAN SIANG DI SARINAH

Setelah siang hari, kami pun kembali ke Sarinah dan langsung menuju Restoran Platinum, untuk makan siang. Setelah makan siang, masih ada acara sambutan dan tanya jawab dari bapak Dirut TJ Budi Kaliwono.

Bapak Dirut sangat antusias terhadap pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh para blogger, terutama sekitar masalah busway yang sering ditemui di lapangan.

Beliau juga mengatakan bahwa fasilitas seperti toilet akan dibangun. Sementara Wifi yang terkoneksi dengan jaringan internet, diakui masih terbatas dan masih akan terus ditingkatkan karena masih sering loading lama atau lola.

Begitupun dengan CCTV sudah ada di halte dan di atas busway, namun masih akan ditingkatkan lagi.

Setelah sambutan dari bapak Dirut TJ, maka beliau juga mengumumkan para juara lomba yang digelar di Kotu. Saya dan suami Bang Nur Terbit, mendapat hadiah masing-masing kartu atau tiket khusus berlangganan bus Transjakarta. Itu setelah dinyatakan pemenang lomba sepeda lambat¬†sebagai pasangan blogger. Wah…pokoknya heboh deh….

TJ ini memang cocok dengan slogannya yaitu “Berani Berubah”. Semoga bisa lebih maju dan lebih berani serta lebih tangguh lagi. Terima kasih Transjakarta.

Tentang Penulis

Bu Guru Siti

Seorang ibu, juga seorang guru yang berusaha semaksimal mungkin mendedikasikan diri untuk mendidik putera-puteri Indonesia sepenuh hati dan menjaga sepenuh jiwa.

4 Komentar

Berikan sebuah komentar