Kuliner Tips & Trik

Yuk Belajar Masak Ala Chef I Wayan Budiarta

Peserta demo masak (foto Nur Terbit)
Peserta demo masak (foto Nur Terbit)
Ditulis oleh Bu Guru Siti

Sabtu, 27 Agustus 2016 pukul 10.00 Wib, suasana di Hotel Santika, Kelapa Gading, Jakarta Utara agak sedikit berbeda. Di lantai 6 hotel ini, berlangsung acara “Creative Cooking Ala Chef”. Yakni demo memasak gaya chef dengan segala kreativitasnya.

Peserta acara demo masak ini kebanyakan dari ibu-ibu muda yang masih gesit, ceria, cantik, cerdas dan sangat bersemangat tentunya.

Tak ketinggalan ibu-ibu dari komunitas blogger yang ikut memasak. Saya salah satunya yang mewakili Ibu-ibu blogger.

Memang sih jangan hanya bisanya membuat tulisan, review dan kopdar (kopi darat) saja. Tapi seharusnya pintar juga memasak, hingga makin disayang oleh suami dan anak-anaknya.

Chef I Wayan Budiarta (tengah) diapit oleh dua asistennya saat memberi pengarahan kepada peserta demo masak (foto Nur Terbit)

Chef I Wayan Budiarta (tengah) diapit oleh dua asistennya saat memberi pengarahan kepada
peserta demo masak (foto Nur Terbit)

Demo masak ini dipandu oleh chef dari Bali yaitu I Wayan Budiarta sekaligus komandan juru masak di Hotel Santika.

Kali ini menampilkan masakan Balineze Chicken Salad, Sambal Colo-colo, Sambal Terasi, dan Lawar ala Bali.

Pembukaan acara demo masak ini, diawali dengan membuat Cream Brulee. Cream Brulee ini semacam makanan pembukaan, yang terbuat dari cream susu dan kuning telur, ditambah dengan gula sedikit.

Cream Brulee ini dipanggang dengan memakai api sedang. Pengaturan suhu panas oven dilakukan oleh crew hotel yang sudah memahami betul karakter oven. Demikian pula pada saat memanggang memakai bowl stainless atau mangkok kecil Vicenza di bawa ke dapur hotel supaya cepat matang. Bahan yang saya panggang terlihat tahan dan kuat oleh api. Itu mungkin karena memang dipanggang dalam oven terlebih dahulu.

Sebelum dihidangkan, juga ditaburi terlebih dahulu dengan gula pasir di atasnya, lalu dibakar memakai tray kasih air. Rasanya? hm…. cukup lumayan enak terasa di ujung lidah. Aromanya segera menyebar ke sudut ruangan tempat kami melakukan demo memasak.

Pokoknya untuk resep masakan satu ini menurut saya, cocok untuk acara-acara resmi seperti arisan, pesta perkawinan dan syukuran.

Saya memakai seragam ala chef sebagai peserta demo masak (foto Nur Terbit)

Saya memakai seragam ala chef sebagai peserta demo masak (foto Nur Terbit)

PERALATAN DISIAPKAN

Sekedar informasi, acara demo masak di Hotel Santika Kelapa Gading Jakarta Utara ini terselenggara atas kerja sama dengan UFM 974 Moms Community, Vicenza, Quantum, Kecap Manis Sedap, Fin Cook.

Hotel Santika Kelapa Gading menggandeng beberapa sponsor yang turut meramaikan acara ini. Di antaranya semua peralatan masak dan tempat makan disediakan oleh Vicenza yang sangat indah dan berkelas. Mulai dengan alat memotong, piring besar sampai dengan mangkok kecil yang sangat tahan dengan api.

Kompor Quantum-lah yang membantu kami memasak dengan baik dan sempurna. Di samping apinya biru, bentuk dan warnanya serta teksturnya sangat indah. Memasak dengan api yang biru, memang sangat membantu sehingga cepat dan tidak merubah warna sayuran atau masakan.

Menu Balinese Chicken Salad hasil racikan saya hasil demo masak (foto Nur Terbit)

Menu Balinese Chicken Salad hasil racikan saya hasil demo masak (foto Nur Terbit)

Sesi demo masak yang cukup seru, menurut saya adalah ketika kami peserta secara “berjamaah” dipersilahkan membuat Balinese Chicken Salad, atau membuat Ayam Bakar Kecap Kelapa Gading. Itu bahasa lokal dan sebutan gampangnya deh..

Resep andalan Chef I Wayan Buadiarta itu ternyata sangat mudah dan cepat dalam pembuatannya. Itu terbukti waktu saya mencoba sendiri menjajalnya di atas meja panjang yang dijadikan tempat “eksekusi”. Karena yang dibuat ayam bakar, tentu saja dibantu dengan kecap Sedap, sehingga betul-betul sedap dan maknyos (Cieh..iklannya ikut hehe..)

Alat memasak sekaligus dengan alat pemanggang ayam yang sudah disiapkan oleh penyelenggara demo masak, semuanya memakai alat dari Fin Cook. Fin Cook ini, waktu saya memegang dan mengangkatnya rasanya tidak berat dan tidak tebal. Sehingga ayam yang dipanggang cepat matang dan tidak lengket.

Terima kasih kepada Mba Debbie Majida Shinta dari tim UFM Moms Community yang telah banyak membantu kami. Moms Community telah memfasilitasi kami para ibu-ibu untuk bisa ikut demo masak di acara Creative Cooking ala Chef ini.

Wah…hebat nih mbak, acaranya sukses deh…

Narsis berdua Mba Debbie Shinta dari UFM 974 Moms Community sesudah acara demo memasak (foto : Nur Terbit)

Narsis berdua Mba Debbie Majida Shinta dari UFM 974 Moms Community sesudah acara demo memasak (foto : Nur Terbit)

Dan tak lupa pula kami ucapkan terima kasih yang tak terhingga, kepada para crew Hotel Santika yang sangat ramah dan familiar, sigap, gerak cepat dan sangat sopan. Cantik-cantik dan ganteng-ganteng, serta berpenampilan rapi dan bersih, sehingga kami nyaman dan aman selama berada di hotel ini.

Acara dipandu oleh Mas Arif Tirtosudiro dari UFM 947.

Di samping masih muda dan ganteng, Mas Arif juga sangat bersemangat sehingga suasana demo memasak terasa hidup dan ramai serta ceria.

Bagi ibu-ibu yang mau ikut acara demo memasak ini, gampang koq. Cukup rajin memantau dan mendengarkan jadwal yang akan datang melalui gelombang radio UFM 947. Rencananya sih bulan depan yaitu bulan September 2016 ada acara demo masak lagi.

Pokoknya jangan takut dan ragu ikut acara ini, sekalipun ada pembayaran tunai, tapi yakin pasti kembali modal deh. Soalnya banyak sponsornya, sehingga pulangnya bisa memboyong goodiebag dan peralatan yang sudah dipakai memasak.

Selain itu tentu saja masakan yang sudah diujicoba dimasak di acara demo ini, boleh koq dibawa pulang untuk keluarga di rumah. Pokoknya mantap deh

Berkah ikut demo masak, pulang masih memboyong kompor gas dua tungku dari sponsor Quantum diserahkan oleh wakil dari UFM974 Moms Community (foto : Nur Terbit)

Berkah ikut demo masak, pulang masih memboyong kompor gas dua tungku dari sponsor Quantum diserahkan oleh wakil dari UFM974 Moms Community (foto : Nur Terbit)

Jangan takut, setelah acara ini berlangsung, masih ada acara prasmanan untuk makan siang. Asyik kan ya? Terima kasih untuk semuanya.

Untuk lebih mengenal chef pembimbing kami, boleh kontak beliau melalui alamat berikut :

I WAYAN BUDIARTA (Sous Chef), MAHAKA SQUARE: Jl. Kelapa Nias Raya Blok HP 3, Kelapa Gading, Jakarta Utars 14240 Ph (62-21) 2452 0999, Fax (62-21) 2452 0000, Mobile 0813 3823 5765 Email: chef@jakartakelapagading.santika.com  www.santika.com

Bagaimana serunya demo memasak itu, berikutvideo blogging hasil rekaman Bang Nur Terbit suami tercinta yang setia menemani demo memasak. Selamat menonton…

Tentang Penulis

Bu Guru Siti

Seorang ibu, juga seorang guru yang berusaha semaksimal mungkin mendedikasikan diri untuk mendidik putera-puteri Indonesia sepenuh hati dan menjaga sepenuh jiwa.

1 Komentar

Berikan sebuah komentar